Minggu, 21 November 2010

JADILAH PENGUSAHA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DENGAN MENEMUKAN SEBUAH BISNIS ONLINE

JADILAH  PENGUSAHA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DENGAN MENEMUKAN SEBUAH BISNIS ONLINE

JADILAH PENGUSAHA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DENGAN MENEMUKAN SEBUAH BISNIS ONLINE

Pada dunia belahan ke 3 (Indonesia termasuk di dalamnya ) akan ditemukan berbagai elemen yang membantu meningkatkan perekonomian negara. Sudah menjadi kenyataan dan terbukti dalam negara berkembang usaha-usaha kecil tersebutlah yang menyokong perekonomian bangsa. Di Amerika Serikat sendiri yang sudah merupakan negara maju dan modern, 99 % dari bentuk bisnis di Amerika Serikat adalah Usaha kecil dan Menengah (UMKM) dan UMKM inilah yang membuat 75 % lapangan kerja baru., banyak orang Indonesia, khususnya di New Hampshire yang bekerja Casual work di small business enterprises pada pizza restaurant, petrol station, ware house, packaging.

Di Australia, khususnya di Sydney, juga serupa, banyak sekali UMKM yang sukses, dan memang kebanyakan business ownernya citizen keturunan Jewish, Greeks dan Asia. Kalau anda ke Sydney, salah satu jalan terpanjang yaitu Anzac Parade Street di Kingsford, banyak UMKM menggelar bisnisnya dari Toko buah Korea, Restaurant Padang, Chips Calamary Honggaria, sampai agent News paper &blue travel ticket (ticket untuk kereta api, bus, dan ferry) punya Pak Iman, perantau dari Jembatan lima, di jembatan lima rumahnya nggak ada kamar mandinya, tapi di Sydney, alhamdulillah apartmentnya bagus.

Pada saat krisis ekonomi sekarang, sangatlah penting untuk mengembangkan usaha kecil mikro dan menengah, sehinggal lapangan pekerjaan dapat dibuka.
Banyak diantara kita adalah mental employee (pegawai) dan kebanyakan kita tidak tahu pentingnya jiwa wirausaha,padahal jelas sekali dengan usaha kecil yang kita bangun akan meningkatkan kegiatan ekonomi. Kita sangat mengharapkan pemerintahan yang baru nanti, siapapun presiden yang terpilih, pemerintah harus mendorong setiap lapisan masyarakat untukmempunyai jiwa entrepreneur (jiwa wira usaha) dan memulai berbisnis.

Sangatlah kita harapkan UMKM untuk lebih mendapatkan prioritas insentif, seperti kemudahan dan kalau boleh bisa bebas biaya untuk perizinan, ada pemotongan pajak, dan sebagainya.
Kalau boleh pinjam kalimat salah satu acara kuiz yang terkenal, riset membuktikan.. bahwa sebagian besar dari sektor utama dan sendi perekonomian seperti sektor konstruksi, jasa pelayanan umum, jasa pelayanan perawatan kesehatan dan teknis seperti reparasi, renovasi, dll didominasi oleh usaha kecil. Jadi jelas khan betapa pentingnya pegembangan usaha kecil dan jangan pernah dianggap remeh dan diabaikan lagi,untuk itu semua orang yang akan memulai usaha kecil haruslah dipermudah dan proses perijinannya dibuat sederhana.

Anda bisa memulai usaha kecil dengan menemukan sebuah bisnis online, didalam bisnis secara online ini anda juga bisa memasarkan produk dan jasa anda secara global dan tentu saja biaya pemasaran anda jauh lebih murah, yang anda perlukan hanya pelatihan,termasuk market riset di dalamnya, pemilihan produk, pembelian domain dan penyewaan hosting provider.

Banyak institusi akan membantu anda dengan memberikan advise untuk memulai usaha secara online, diantaranya Balina Internet Marketing , tentunya pilihan berada di tangan anda institusi mana yang mempunyai materi pelatihan yang cocok dengan kemampuan anda, biayanya harus kompetitif dan sesuai dengan kondisi kantong anda dan pelatihan itu haruslah worthed dengan produk dan jasa yang akan anda pasarkan ke mancanegara.

author : Saidilriza Muda, mantan Cleaning server, Taxy Driver, Trifty Truck Driver, Petrol Station Operator, Pizza Cheff Assistant, sekarang pelaku UMKM, source : dari berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar